Kamis, 19 Februari 2015

Usaha Bisnis Bensin Kecil-Kecilan

Bisnis jualan bensin dipinggir jalan bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan, dari mulai pemilik SPBU yang membutuhkan modal besar, ditambah lagi berbagai perlengkapan izin pertamina serta warga sekitar sehingga hal ini hanya cocok untuk pengusaha kelas besar,  lalu bagaimana dengan pemilik modal sedikit, masih bisa berjualan bensin kecil-kecilan dengan cara eceran. apapun itu boleh saja kita lakukan apabila masih tergolong produk halal, dan untuk menjadi pengusaha bensin eceran tidak perlu minder atau malu karena tujuan kita sangat mulia yaitu melayani orang-orang yang sedang membutuhkan bensin. ingat manusia terbaik adalah yang paling bertaqwa kepada Tuhan sehingga memancarkan amal yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, orang lain maupun seluruh makhluk di alam semesta ini. kembali ke topik, kita akan membahas tentang suatau cabang usaha dipinggir jalan yaitu jualan bensin eceran.

Tempat yang cocok untuk jual bensin eceran
  1. Di jalan pedesaan yang lokasinya jauh dari jalan raya, barangkali ada kendaraan yang kehabisan bensin di jalan maka tidak ada pilihan lain selain membeli eceran.
  2. Di tepi jalan yang jauh dari SPBU, bisa jadi ada pengendara yang lupa membeli bensin sehingga persediaan yang ada tidak mencukupi untuk mencapai Pom bensin berikutnya.
  3. Pada warung sembako, sebagai usaha sampingan saja untuk menyediakan bensin bagi pelanggan sembako yang sering mampir.
  4. Di dekat tempat perahu nelayan banyak berlabuh, mesin perahu membutuhkan bahan bakar solar atau bensin. padahal belum tentu ada SPBU didekat pinggiran laut.
  5. Di sekitar stasiun kereta api yang ada jasa ekspedisi pengiriman kendaraan bermotor, pada saat mengirimkan motor maka kondisi bensin harus dikosongkan agar aman dari bahaya kebakaran saat perjalanan berlangsung. jadi ketika pengirim motor mengambil kendaraanya maka membutuhkan bensin agar mesin menyala kembali.
  6. Kampus / sekolah, mahasiswa atau pelajar yang kebetulan uang sakunya cekak maka mengantri bensin di SPBU bisa jadi terlalu malas karena yang dibeli hanya sedikit saja.
  7. Dimanapun lokasinya, sambil melihat perilaku warga sekitar, apakah ada yang punya prinsip bagi-bagi rezeki ke pedagang bensin eceran, atau semua memilih membeli di SPBU.

Analisa usaha jualan bensin eceran
Misalnya kita punya modal 100 liter bensin yang dibeli dari SPBU seharga 100 ltr x Rp.4.500,00 = Rp.450.000,00
Perkiraan kita dapat melayani minimal 50 orang perhari dengan rata-rata pembelian 2 liter, maka total penjualan adalah Rp.5.000,00 x 100 ltr = Rp.500.000,00.
Jadi keuntungan yang kita dapat perhari adalah Rp.500.000,00 – Rp.400.000,00 = Rp.50.000,00 penghasilan bersih sehari.
Itu baru satu tempat saja, bagaimana jika kita mempunyai banyak cabang dengan menempatkan satu pekerja pada masing-masing outlet, kalaupun tidak bisa memberikan gaji tetap maka dapat menggunakan sistem bagi hasil. dengan begini maka penghasilan bisa berlipat lebih besar.

Dalam berjualan bisnis eceran ada satu pantangan yang tidak boleh dilakukan yaitu membeli dalam jumlah besar untuk dijual di masa depan, karena hal ini tergolong penimbunan sehingga terkena resiko tindak pidana. jadi kecil-kecilan saja keuntunganya yang penting lancar dan berkah sehingga menemukan kebahagiaan dalam menjalani kehidupan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar